» » » » » » » » » Lanjutan Ruwat Mustikaning Jagat Rahyang 7 Mandala Di Gunung Eusing

www.bidiknusantara.com
Bambang Sumantri
KAB.BOGOR-BidikNusantara
Ruwat mustikaning jagat Rahyang 7 mandala, melanjutkan acara yang kedua setelah sukses di Gunung Sodong. Kini giliran Gunung eusing yang ada di Desa Gobang, yang berbarengan dengan suasana HUT kemerdekaan RI ke-72.

Semangat kemerdekaan tercermin pada kemeriahan dan aneka acara yang digelar masyarakat Indonesia sebagai wujud syukur kepada tuhan yang maha esa, serta rasa terima kasih kepada para pejuang kemerdekaan yang rela mengucurkan darah dan airmata, harta serta nyawa.

Dengan semangat tersebut, HUT RI ke-72 masyarakat Desa Gobang mengadakan Acara Doa bersama yang rencananya dipuncak gunung Eusing pada sabtu 26 dan 27 Agustus 2017, yang berbarengan dengan agenda Ruwat Mustikaning Jagad Rahyang 7 Mandala, yang dipelopori oleh DisBudPar Kabupaten Bogor guna mendorong Desa Gobang Sebagai Desa Wisata yang memiliki potensi yang bisa dikembangkan.

Firman, SH. Bendahara Desa Gobang menyampaikan, sebagai generasi muda pihaknya sangat dukung acara ini, karena mengandung manfaat, utamanya bagi masyarakat Desa Gobang pada khususnya.

"Juga sebagai penambah pengalaman kami kedepan, dan tentang ruwatan ini sudah kita bicarakan dengan sekdes, para tokoh masyarakat, tokoh budaya yang alhamdulillah mereka semua mendukung,"katanya.

Sebagai RW mengharapkan segera terwujudnya Desa Wisata karena dari tahun 2015 silam hingga kini belum optimal sesuai harapan.

"Dalam hal ini, kami mengingingkan adanya aturan yang dibuat oleh pemerintah desa, segera dibuat Perdesnya, agar semua jelas karena hanya dimanfaatkan dan dinikmati oleh oknum hasil dari Gunung Eusing ini." harap sayuti.

Sementara Konsultan Produksi dalam kegiatan Ruwat Mustikaning Jagat Rahyang Giri Purwa Tujuh Gunung, Bambang Sumantri menjelaskan, setelah dibentuk panitia lokal ini, pihaknya mengharapkan semua masyarakat lokal terlibat secara aktif.

"Karena ini adalah budaya kita, saya sejalan dengan Ki Gola sebagai ketua pelaksana acara Ruwat Mustika jagad Rahyang 7 Mandala kalau bukan kita yang merawat lalu siapa ? Karena ini budaya kita Asah Asuh. Asih kepada sesama, lingkungan, gunung, air, udara dan wujud syukur kepada tuhan yang maha esa (Allah SWT), Ahung, Rahayu, Rahayu Mukti." Tutup Bambang.
Reporter: M.Ilyas/Edi J

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply