Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » Pondok Udik Kelola Air Minum Tirta Afiat

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Pemdes Pondok Udik Kecamatan Kemang telah mampu menggali potensi dari sumber daya alam yang ada diwilayahnya menjadi sebuah usaha yang dapat mendongkrak pendapatan desa serta mengurangi tingkat pengangguran.

Bermula dua tahun silam, Pemdes Pondok Udik bermodalkan dari sumber dana desa dan bantuan dari intansi terkait mampu membuat dan mengelola air sebagai kebutuhan masyarakat dikelola menjadi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), badan usaha ini diberinama Tirta Afiat dan sudah mampu mengaliri ke 123 rumah warga.

Didi selaku Ketua pengurus Tirta Afiat menuturkan " Tirta Afiat ini brrdiri sejak dua tahun lalu, dimana ketika pertama kali berdiri Tirta Afiat baru memiliki satu sumur, yaitu di wilayah Rt. 01/06, dengan kapasitas 100 titik aliran, namun kita batasi 80 titik aliran kerumah - rumah warga, agar debit air didalam sumur tetap terjaga, dengan beban biaya murah dan terjangkau oleh masyarakat " terangnya, Rabu (26/4).

Tapi sekarang lanjut Didi, Tirta Afiat sudah punya dua sumur, satu lagi di wilayah Rt.02/04, dan sudah mengaliri ke 43 titik rumah warga, kita juga tahun ini berencana membuat satu sumur lagi di wilayah Rt.07/02, melalui paetisipasi masyarakat atau swadaya masyarakat.

Tirta Afiat sementara ini masih dikelola oleh 6 orang  pekerja, dan selama dua tahun ini dengan pendapatan bersihnya baru mencapai Rp. 8000.000,-, atau Rp.4000.000,-/tahunnya, ini laba bersih Tirta Afiat dari 123 rumah warga yang menggunakan air bersih Tirta Afiat, walaupun dengan laba yang masih kecil ini, akan tetapi saya sudah cukup puas dan bangga dengan giat Kades Pondok Udik Entis Sutisna, dalam membangun dan mengembangkan wilayah desa, pungkasnya.

Saya dan Pemdes Pondok Udik akan terus berupaya agar seluruh rumah masyarakat Desa Pondok Udik bisa teraliri seluruhnya dan menggunakan air Tirta Afiat, dengan demikian akan menambah tenaga kerja lagi, sehingga dapat membantu program pemerintah dalam menekan tingkat pengangguran di desa.
Reporter  : Supriatna

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply