Ads




» » » » » » » » Giat Jumsih DLH Kabupaten Bogor Bersihkan Sampah Simpang Bambu Kuning Bojonggede

Kabid, Bidang Pengolahan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana dan Staffnya  saat mengangkat sampah yang mememnuhi Drainase
KAB.BOGOR-BidikNusantara
Dalam rangka mengurangi penumpukan sampah yang tersebar di beberapa titik Jalan Raya Tegar Beriman Kabupaten Bogor, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor melaksanakan pembersihan sampah yang terpusat di wilayah simpang Bambu Kuning,  Bojonggede yang melibatkan sekitar 20 orang staff Bidang Pengelolaan Sampah yang di Pimpin oleh Atis Tardiana dalam kegiatan Jum'at Bersih (Jumsih), Jum'at (07/04).

Simpang Bambu Kuning yang merupakan tempat yang menjadi terminal bayangan angkutan ini memang terlihat sembrawut dan kumuh karena banyak sampah yang menumpuk dimana-mana hingga memenuhi saluran drainase, dengan dilakukan pengangkatan sampah ini oleh tim dari Bidang Pengolahan sampah DLH Kabupaten Bogor ini bisa terlihat sedikit rapi.

Kabid, Bidang Pengolahan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana dan Staffnya  saat mengangkat sampah Yang menumpuk 
Menurut Kabid Pengelolaan Sampah, Atis Tardiana bahwa kegiatan ini dalam rangka merespon keluhan masyarakat terhadap banyaknya penumpukan sampah di wilayah ini dan juga mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat karena menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat bukan hanya pemerintah.

"Tempat ini menjadi kumuh karena banyak tumpukan Sumpah yang membuang sampah sembarangan, bisa kita lihat banyak sampah yang berserahkan dimana-mana memenuhi taman-taman di sepanjang jalan ini, begitupun dengan saluran drainase sudah tidak berfungsi di penuhi sampah,"katanya di lokasi sambil menunjuk tumpukan sampat yang terbungkus plastik dibawah pohon.

Kabid, Bidang Pengolahan Sampah DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana dan Staffnya  saat mengangkat sampah yang mememnuhi Drainase
Atis juga menjekaskan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan setiap hari Jum'at pagi oleh seluruh bidang yang ada di kantor DLH Kabupaten Bogor, seperti hari ini Bidang Pengolahan Sampah yang akan dilanjutian oleh bidang lain secara bergantian seperti Bidang Tata Lingkungan Kesekretariat, Bidang Kemitraan dan bidang Pentaatan Hukum.

"Kegiatan Jumsih ini akan berlanjut setiap hari Jum'at oleh seluruh Bidang di DLH secara bergantian perbidang. Kenapa dilakukan perbidang agar pelayanan kantor tetap berjalan dan kegiatan Jumsih juga berjalan, jadi kantor tidak kosong agar pelayanan tetap berjalan,"jelasnya.

Apa lagi katanya, saat ini DLH Kabupaten Bogor sedang gencar melakukan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat dengan merubah pola pikir masyarakat terhadap penanganan sampah dari pola kumpul buang menjadi pola kumpul, simpan olah oleh masyarakat sendiri.

"Dengan gerakan yang kita lakukan semoga menyadarkan masyarakat yang suka buang sampah sembarangan sambil kita terus melakukan pendekatan dengan pola membentuk kegiatan masyarakat untuk mengolah sampah seperti Bank Sampah dan sebagainya,"jelasnya.

Kabel yang ditemukan ditumpukan sampah
Sementara, pantauan bidiknusantara.com dilokasi keberadaan perawatan jalan ini sangat jauh dari layak karena drainase yang dipenuhi sampah hingga menggaggu aliran air jika hujan turun air meluap menggenangi jalan, belum lagi drainase yang melintasi jalan terlihat sudah tidak berfungsi.

Atis menuturkan, terkait perawatan drainase seharusnya menjadi perhatian Dinas PUPR termasuk perawatan jalan, karena jalan ini merupakan jalan pemerintah Kabupaten Bogor.

"Melihat kondisi drainase ini sepertinya sudah tidak terawat karena kondisi sudah tidak bisa teraliri air karena banyak di tumpuki sampah terlebih penahannya sudah roboh dan bergeser akhirnya menyempit,"ucapnya.

Ditempat ini juga ditemukan gulungan kabel di duga milik Telkom yang di amankan oleh petugas dan di antarkan ke Telkom Cibinong, namun anehnya pihak telkom tidak mengakui yang akhirnya dititipkan di gudang kantor telkom tersebut.

Bangkai Bus yang terparkir dipinggir jalan
Juga terdapat satu unit bangkai Bus yang terparkir depan Ruko pinggir jalan di wilayah ini diduga sudah lama terpakir diwilayah ini karena melihat kondisi bus sudah rusak dan bannya kempes di badan bus tertulis DBL Transport Nopol B 7038 KGA.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply