Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » » » » Gandeng Forum Pemuda Desa Cilebut Barat, DLH Kabupaten Bogor Sosialisasikan Bank Sampah

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor bekerja sama dengan Forum Pemuda Cilebut Barat melalsanakan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat kepada masyarakat Desa Cilebut Barat. Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor yang berlangsung aula pertemuan Kantor Desa Cilebut Barat, Kamis (20/04).


Hadir dalam kesempatan tersebut, Bidang Pengelolaan Sampah yang di pimpin oleh Atis Tardiana beserta jajarannya juga mengadirkan Narasumber, Endang Suprihatini dari Komunitas Budi Endang Suprihatini (Kombes) Komplek Perumahan Puspa Raya, Desa Bojong Baru, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor, serta Jajaran KSM Rangga Mekar, Kota Bogor.


Dalam kesempatan tersebut, Atis Tardiana berharap dengan dilakukan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat ini dapat memberikan pemahaman masyarakat agar mampu mengelolah sampah mulai dari skala rumah tangga dengan cara memilah sampah sesuai jenis dan peruntukannya.

"Jika masyarakat sudah mulai melakukan pemilahan sampah dari skala rumah tangga akan lebih gampang di tangani konsep pengelolaan Bank Sampah. Sampah-sampah tersebut dapat di pilah dari jenis baik organik maupun anorganik dengan konsep yang di sebut Pos Pandai (Pusat Olah Sampah Pilih Sampah, Nabung Sampah Daur Ulang Sampah Agar Indah Lingkungan Kita) seperti yang disampaikan oleh Kang Sandi dari Rangga Mekar,"katanya.

Namun yang utama katanya, bagaimana efek setelah sosialisasi ini dilakukan masyarakat menyambut kegiatan ini dengan mulai melakukan pembentukan kelompok-kelompok mulai dari RT, RW Karang Taruna, PKK dan lain sebagainya.

"Saat ini lagi mencari desa yang bisa mengolah sampah sendiri,"katanya.

Sementara itu, Sandi salah satu narasumber dari KSM Rangga Mekar memaparkan tentang management pengelolaan bank sampah, sampah-sampah yang ada bukan lagi menjadi musuh bagi masyarakat akan tetapi bisa menjadi bernilai ekonomis.
"Ketika sampah sudah bisa dipilah dari rumah tangga akan mempermudah pembagian sesuai jenis sampah yang bisa di daur ulang,"katanya.

Sementara itu Endang Suprihatini dari Kombes memaparkan pengelolaan sampah organik melalui sistim komposter untuk dijadikan pupuk organik. "Saya berharap virus ini dapat menular kepada masyarakat lainnya setelah kita jelaskan, namun untuk lebih menyakinkan sebaiknya ibu-ibu bisa datang langsung ke lokasi kompoater Kombes,"ucapnya mengajak.

Ketua TP PKK Desa Cilebut Barat, Lisda Liana menyambut baik kegiatan ini karena dapat memberikan edukasi bagi masyarakat bagaimana mengolah sampah rumah tangga masing-masing dan tidak menjadikan Kali sebagai TPA warga yang dapat merusak lingkungan.

"Kebetukan rumah saya berada di bibir kali pasangrahan, bahkan kita sendiri melihat warga yang buang sampah ke Kali dan ketika hujan bungkusan sampah mengambang diatas air. Saya berharap warga di Desa Cilebut Barat bisa sadar akan lingkungan, sampah ternyata jika diolah dapat dapat bernilai ekonomis,"katanya.

Hal yang sama di sampaikan Muhadi Kepala Desa Cilebut Barat, dirinya mendukung kegiatan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyakat walaupun dirinya tidak bisa mengikuti kegiatan tersebut karena ada kegiatan yang lain di waktu yang sama
.
"Saya harus bagi waktu, karena kegiatan kunjungan harus dihadiri bukan tidak mementingkan kegiatan ini. Saya pribadi ingin mendapatkan secara pengetahuan untuk pengelolaan sampah,"tuturnya.

Kegiatan ini sendiri terwujud dari kepedulian pemuda Cilebut Barat yang bekerja sama dengan DLH Kabupaten Bogor untuk mengadakan kegiatan sosialisasi pengolahan sampah termasuk Forum Komunikasi Polisi Masyarakat (FKPM) Desa Cilebut Barat.

Salah satu Pemuda Cilebut Barat, Winardi mengatakan pihaknya siap menjadi pioner gerakan peduli lingkungan dalam pengelolaan sampah melalui pemuda-pemudi Cilebut Barat.


"Kami dari Muda-Mudi Desa Cilebut Barat siap membentuk dan melaksanakan kegiatan ini,"ucapnya.
Reporter: Sumburi

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply