Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » DLH Kabupaten Bogor, Lakukan Sosialisasi Bank Sampah Di Kelurahan Pabuaran

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Dalam rangka mengedukasi masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Bogor terhadap pengelolaan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor terus melakukan sosialisasi pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Setelah melakukan sosialisasi beberapa wilayah desa di Kabupaten Bogor, kali ini DLH yang diwakili oleh Bidang pengelolaan sampah, Atis Tardiana melakukan sosialisasi pengolahan sampah melalui pembentukan Bank Sampah di lingkungan RW 06 Kelurahan Pabuaran, Kecamatan Cibinong, Kabupateb Bogor, Selasa (18/04).

Kegiatan ini sendiri dihadiri oleh Kabid Pengolahan Sampah pada DLH Kabupaten Bogor, Atis Tardiana, Lurah Pabuaran, Bambang R yang juga menghadirkan Yuliana Rini sebagai Narasumber dengan melibatkan seluruh masyarakat RW 06 yang berada sekitar Fly Over Cibinong.

Dalam kesempatan tersebut, Atis Tardiana memaparkan, dalam pengelolaan sampah yang di hasilkan oleh masyarakat yang kian lama kian tak teratasi karena seiring meningkatnya jumlah penduduk terutama wilayah perkotaan, masyarakat saat ini perlu du edukasi bagaimana agar sampah yang dihasilkan dapat di olah sendiri sehingga tidak mengandalkan pemerintah untuk mengangkut sampah. Salah satu caranya adalah membentuk kelompok pengelolaan melalui Bank Sampah yang di setiap RT atau RW di wilayah masing-masing.

"Bank Sampah ini sendiri bertujuan untuk mengajarkan bagaimana masyarakat memilah sampah mulai dari rumah agar gampang di olah melalui Bank Sampah,"katanya kepada bidiknusantara.com usai kegiatan di Lorin Sentul Hotel, Selasa (18/04).

Pemilahan ini kata Atis, sudah harus mulai dari rumah yaitu memisahkan sampah kering dan sampah basah, organik dan an organik serta yang masih bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomi yang akan di tampung oleh bank sampah.

"Dengan konsep seperti ini maka sampah akan dapat di olah dan bernilai ekonomi oleh masyarakat seperti yang dilakukan oleh Bank Sampah yang ada di wilayah RW 06 ini,"ucapnya.

Dalam kesempatan itu juga, DLH akan bersinergi dengan Lorin Sentul Hotel dalam rangka pengelolaan sampah hotel dan juga masyarakat desa di sekitar wilayah tersebut.

Atis sendiri menyambut baik keinginan pihak Management Lorin Sentul Hotel yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan terhadap pengelolaan sampah dan mengedukasi masyarakat sekitarnya.


"Saat ini baru Lorin Sentul Hotel selaku pengusaha perhotelan yang memiliki keinginan untuk pengelolaan sampah sendiri, semoga dapat di ikuti hotel-hotel lain di Kabupaten Bogor karena memang kedepan pengusaha Hotel maupun kawasan perumahan di Kabupaten Bogor akan diarahkan agar dapat mengelolah sampah sendiri,"pungkasnya.
Reporter: Sumburi.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply