Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » Seperti Inilah Hasilnya Kalau Proyek Galian FO Tak Diawasi

SUKABUMI-BidikNusantara
Sebuah jaringan kabel Fiber Optik (FO) di jalan Siliwangi no 236 Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat muncul dipermukaan ruas pemanfaatan bagian utilitas jalan, hal ini diduga kurangnya pengawasan petugas PU Nasional. 

Hal tersebut jelas menjadi keluhan masyarakat pengguna jalan yang melintas di ruas jalan tersebut. Kondisi kabel FO tersebut disinyalir tidak sejalan dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen-PU)no : 20/PRT/M/2010 tentang Pedoman Pemanfaatan dan Penggunaan Bagian-bagian Jalan.

Di Pasal 12 ayat (1) poin (5) Bangunan dan jaringan utilitas di bawah tanah harus diletakkan pada kedalaman paling sedikit 1,5 (satu koma lima) meter dari permukaan jalan terendah pada daerah galian atau dari tanah dasar pada daerah timbunan.

Menurut salah seorang pedagang stempat Heni (47) mengeluhkan dengan adanya kabel tersebut, pasalnya kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas pengguna jalan. 

"Beberapa waktu lalu sempat ada pejalan kaki dan sepeda motor yang terjatuh karena kakinya tersangkut kabel itu. Tapi beruntung keduanya tidak apa-apa," katanya.

Heni pun menambahkan, kabel FO itu sudah hampir empat bulan kondisinya keluar dari galian yang ditanam. "Entah kenapa bisa begitu, mungkin saja kabel itu kurang tertanam dengan baik," ungkapnya.

Hal yang sama di lontarkan oleh, Andri S(30) seorang pengendara motor warga Cicurug yang setiap harinya melintasi jalur tersebut, "Ini bahaya bagi pengguna jalan, seharusnya kabel FO ini tidak keluar seperti ini,"katanya.

Andri pun menambahkan, Kabel FO ini seharusnya jangan sampai keluar dan menghalangi para pengguna jalan dan dapat mengakibatkan bahaya. Ini mungkin karena penanaman atau penggalian kabelnya tidak terlalu dalam sehingga bisa keluar dan melintang ke jalan. 

"Saya menduga pada saat penggalian penanaman kabelnya asal-asalan, kalau saja pengawas PU nya mengawasi pada saat penggalian mungkin hal seperti ini tidak terjadi," pungkasnya.
Reporter : Anry

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply