» » » » » » PPAT Kecamatan Lebih Terjaga Keamananya

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Tugas camat di satu wilayah kecamatan sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah daerah baik kota maupun kabupaten, selain itu camat juga mempunyai Surat Keputusan (SK) sebagai Pejabat Pembuat Akte Tanah (PPAT) untuk Akte jual beli (AJB) di wilayahnya secara legal.Seperti camat Rancabungur juga memiliki kewenangan dalam mengeluarkan AJB sama seperti yang notaris keluarkan.

Dahlan staf Kecamatan Rancabungur yang di tugaskan dibagian PPAT menjelaskan." Presentasi dari nilai jual beli untuk kecamatan sama seperti ke notaris namun yang membedakannya adalah klo uang dari pembuatan AJB di kembalikan lagi kewilayah dengan cara untuk pembiayaan kegiatan baik di kecamatan maupun giat yang ada di desa," papar Dahlan kepada bidiknusantara.com, Rabu (1/03).

Masih kata Dahlan, maka diharapkan kepada para kepala desa, Sekdes dan masyarakat ketika akan membuat surat - surat tanah atau AJB saya berharap di urus di kecamatan karena selain biaya yang di keluarkan kembali lagi ke wilayah, dan juga siapapun kelak camat silih berganti yang memimpin maka berkas atau arsip dari surat - surat tersebut aman tersimpan rapi jangan takut hilang," tandasnya.

Sementara Muhidin salah seorang warga yang kebetulan meminta arsip tanahnya membenarkan tentang keamanan arsip di kecamatan.

"Saya meminta arsip surat tanah saya langsung ada karena yang aslinya hilang, karena kalo kecamatan tidak mungkin pindah dan bangkrut tidak seperti notaris yang suka pindah, jadi membuat surat tanah lebih aman di PPAT kecamatan ketimbang di notaris," terangnya.
Reporter: ISP

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply