» » » » » » » » » Pemkot Bogor Sosialisasikan Ecovilage Dari DLH Jawa Barat

BOGOR KOTA-BidikNusantara
Bertempat di Ruang Paseban Sri Baduga Balai Kota Bogor, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat selenggarakan  sosialisasi Gerakan Pengembangan Desa Berbudaya Lingkungan (Eco Village) karena Kota Bogor menjadi salah satu daerah dari sepuluh daerah di Jabar yang menjadi fokus dalam pengembangan Eco Village. Hal ini untuk mewujudkan Jabar Bersih, Sehat, Lestari 2018 (Bestari), Senin (13/03).

Gerakan Eco Village di Kota Bogor ini menyasar sedikitnya lima kelurahan di Kecamatan Bogor Timur. Diantaranya wilayah kelurahan yang dilintasi sungai Ciliwung dengan kondisi tercemar akibat sampah dan air limbah.

Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, melihat data 2016, ada peningkatan timbunan sampah 41 persen dari 2015 menjadi 3.784 meter kubik perhari. Hal ini dikarenakan adanya pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan ekonomi yang tentunya tidak bisa dihindari.

"Warga dan wisatawan harus merubah sikap dan prilaku membuang sampah sembarangan, kalau hanya merencanakan dan menganggarkan mudah,"ujarnya.

Dengan program Eco Village ini diharapkan mampu merubah sikap prilaku masyarakat. Sehingga ada kesadaran dari warga untuk melakukan pengolahan sampah yang dimulai dengan memilah sampah kering dan basah, tidak membuang sampah sembarangan, membersihkan drainase, menjaga sumber, kualitas dan pola penggunaan air.


"Program Eco Village ini kan memang disepanjang aliran sungai. Agar aliran sungai dapat dimanfaatkan. Disini Pemkot bersinergi dengan program Provinsi Jabar agar sungai di Kota Bogor bisa lebih bersih dan baik dari kondisi sekarang," pungkasnya.
Reporter: Sumburi




About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply