» » » » » » » Eman Sulaeman Harapkan Penataan Dan Perawatan Pasar Tradisional Ciambar

SUKABUMI-BidikNusantara
Berbicara tentang pasar tradisional bukan hanya sekedar tempat terjadinya transaksi antara penjual dan pembeli. Melainkan juga tempat terbangunnya interaksi antar warga.

"Jadi yang membedakan pasar tradisional dengan yang lain ada tawar-menawar, ada hubungan pribadi. Jadi kita melihat pasar tradisional tak hanya sekedar kegiatan ekonomi, tapi ini salah satu alat perekat antar warga," ujar Eman Sulaeman, kepala Desa Munjul Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi.

Eman menambahkan bahwa bila dapat dikelola dengan baik Pasar Tradisional yang berada di kampung Pasir Angin Desa Munjul Kecamatan Ciambar, maka wajah pasar tradisional yang dikenal kotor dan becek akan berubah. Kunci dari pengelolaan yang baik.

Apalagi pasar tradisional yang di bangun pada tahun 2010 oleh Provinsi Jawa Barat ini memiliki 25 kios yang hampir seluruhnya terisi oleh para pedagang, " sebanyak 22 kios sudah ter isi oleh para pedagang yang setiap hari berjualan di pasar tradisional Ciambar ini,"imbuhnya.

Eman pun menambahkan pasar yang berada di wilayah nya ini berbeda dengan di wilayah lain seperti di Kecamatan Parakansalak yang hanya buka satu minggu sekali, " Kita bisa lihat di pasar Tradisional Ciambar para pedagangnya setiap hari berjualan dengan komoditi para penjualnya adalah para pedagang Kelontongan atau Sembako jadi saya rasa kebutuhan masyarakat tercukupi, " tambahnya.

Dirinya pun berharap agar pengelolaan pasar Tradisional tersebut lebih baik dan perlunya maintenance atau perawatan secara rutin dan serius, yang selama ini dinilai masih lemah. Padahal sebentar lagi di Ciambar akan menjadi kawasan Industri dan harus bisa bersaing dengan wilayah lain.

"Jadi harapan terbesar saya adalah pasar tradisional ini tumbuh dengan baik, dikelola dengan baik, dan menjadi tempat interaksi dengan baik, serta adanya bantuan yang berarti dari Pemda Sukabumi agar pasar Tradisional tertata dengan baik serta bisa lebih dari sekarang karena sebentar lagi Kecamatan Ciambar menjadi kawasan Industri dan perlintasan jalan Tol,"pungkas Eman.
Reporter : Anry

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply