» » » » » » » » Dody Achdi Suhada: Konsep Smart City Mampu Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Bogor

BOGOR-BidikNusantara
Melihat masih banyaknya infrastruktur yang masih Pekerjaan Rumah (PR) bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terutama infrastruktur jalan yang merupakan sebagai ciri peningkatan pembangunan suatu daerah yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat Kabupaten Bogor, belum lagi di sektor lain, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor belum semua terwujud, membuat arsitek muda ini ingin melakukan perubahan terhadap sistim pemerintahan Kabupaten Bogor.

Ketua Repdem Kabupaten Bogor, Dody Achdi Suhada menyampaikan sudah saatnya pemerintah Kabupaten Bogor memiliki konsep smart City untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bogor.

"Pengawasan setiap program pemerintah yang menyentuh langsung kepada masyarakat bawah harus terus dilakukan guna menghindari kesalahan dan penyimpangan oleh perangkat pemerintahan dalam pelaksanaan.

"Menurut saya kegagalan dalam sebuah program kurangnya pengawasan oleh pimpinan daerah kepada kinerja SKPD dibawahnya, begitupun dengan kepala SKPD harus mampu mengawasi kinerja staffnya dalam menjalankan tugas, itulah fungsi konsep smary city agar terintegrasi dengan sistim pengelolaaan informasi tekhnologi yang bisa dipantau oleh kepala daerah terhadap kinerja perangkat daerah,"ucap Kader PDI Perjuangan yang berprofesi sebagai arsitek dan pemilik perusahaan konsultan perencanaan dan arsitektur kepada Bidiknusantara.com di salah satu restoran Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Kamis malam (02/03).

Dikatakan pria yang kini ingin mengabdikan diri kepada masyarakat Kabupaten Bogor ini, konsep pembangunan harus dirubah bukan hanya sekedar proyek melainkan investasi jangka panjang pemerintah daerah, jika konsep yang hanya memanfaatkan pembangunan untuk proyek tidak akan berjalan sebagaimana mestinya seperti pembangunan jalan, gedung sekolah, gedung pemerintahan malah akan menjadi tempat yang nyaman bagi pemain-pemain anggaran.

"Dengan konsep Smart City ini seluruh pembangunan bernilai investasi bagi pemerintah daerah dan pastinya akan berpikir kualitas terbaik dan menunjuk pelaksana proyek tersebut kepada perusahaan-perusahaan yang memiliki standart kualitas tertentu agar mampu menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan site plan awal dan tepat waktu serta tidak akan ada alasan untuk kata keterlambatan,"tuturnya.

Dan ini kata dia, bisa diawasi secara laporan tertulis pihak pelaksana setiap perubahan yang sedang berlangsung dan hasilnya dipublikasikan melalui pusat informasi secara online dan juga masyarakat bisa ikut mengawasi.

"Konsep smart city, sudah banyak digunakan oleh kota-kota di Indonesia seperti Yogyakarta dan Batang juga Jakarta. Kabupaten Bogor sebagai daerah penyangga Jakarta harus bisa menggunakan konsep smart city mengingat luas wilayah Kabupaten Bogor sangat tidak terpantau jika masih dilakukan pengawasan secara konvensional saat ini, namun jika menggunakan konsep smart city akan lebih muda di awasi oleh kepala daerah setiap perkembangan wilayah paling jauh sekalipun karena semua masuk laporan secara online,"urainya.

Dia mencontohkan, DKI Jakarta saat ini tidak ada lagi kontraktor nakal yang berani bermain karena pengawasan secara online dan secara ketat. Dalam tahapan pelelangan perusahaan benar-benar dipilih berdasarkan kualifikasi dari pengalaman, modal dan standar Sumber Daya Manusia (SDM) yang di miliki, pihak pemda mendapatkan laporan secara online setiap hari.

"Konsep smart city ini pula memudahkan siapapun yang ingin mengakses informasi hingga Peraturan daerah dan undang-undang yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat termasuk kinerja SKPD, DPRD dalam melaksanakan kegiatan," ungkap Dody yang akan bertarung merebut hati masyarakat Kabupaten Bogor dalam Pilkada Tahun 2018 mendatang ini.

Keinginannya untuk memimpin Kabupaten Bogor adalah untuk membawa masyarakat Kabupaten Bogor lebih baik dengan konsep smart city.

"Konsep smart city ini meliputi seluruh sektor seperti diantaranya, smart pemerintahan, smart pelayanan, smart pendidikan, smart ekonomi, smart pertanian, smart pengelolaan lingkungan hidup dan smart pengelolaan sektor pariwisata dan sektor lainnya,"pungkasnya.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply