» » » » » » » » Disbudpar Kabupaten Bogor Eksplor Obyek Wisata Dengan Program Farm Trip Jurnalis

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Dalam lebih memperkenalkan potensi di seluruh obyek pariwisata yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan "Farm Trip Jurnalis" dengan mengunjungi beberapa obyek pariwisata di Kabupaten Bogor yang sebelumnya untuk wilayah Barat kabupaten Bogor dan yang kedua kalinya mengeskplor obyek wisata wilayah Timur.


Kegiatan ini Disbudpar membawa serta sebanyak 25 jurnalis baik dari Media Cetak, eloktronik dan online terhitung sejak tanggal 7 hingga 9 Maret 2017. Hari pertama yaitu tanggal 7 Maret rombongan Disbudpar beserta para jurnalis mengunjungi obyek wisata alam hutan Pinus Gunung Pancar, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Ditempat ini, rombongan di sambut oleh pengelola wisata alam hutan Pinus Gunung Pancar PT. Wahana Wisata Indah (PT.WWI) dan mengeksplor seluruh fasilitas yang ada di wilayah ini di bawah kelola PT. WWI bekerja sama dengan pengelola kawasan konservasi Hutan Taman Nasional Gunung Pancar.

Kemudian di hari yang sama, rombongan mengunjungi waterpark Water Kingdom yang berada di Jalan Raya Cileungsi-Jonggol KM 3 Cileungsi Kabupaten Bogor. Di tempat ini rombongan disambut oleh management atau pengelola Water Kingdom beserta jajarannya. Sales dan Marketing Director Water Kingdom, S. Widi Karyaningsih yang menjelaskan seluruh fasilitas yang di miliki kawasan wisata air yang di klaim terbesar se Asia ini.

Selanjutnya, rombongan Farm Trip Jurnalis bersama jajaran Disbudpar Kabupaten Bogor melakukan diskusi di Lorin Sentul Hotel yang di hadiri oleh Kadisbupar Kabupaten Bogor, Rahmat Surjana, General Manager (GM) Lorin Sentul Hotel, Heri Haryosa dan pihak Perhutani yang diwakili oleh humasnya, Maulana.

Dalam diskusi ini banyak membahas tata kelola pariwisata di wilayah Kabupaten Bogor baik dari segi dunia perhotelan, wisata komersial maupun pengelolaan obyek wisata alam yang sebagaian besar masuk dalam wilayah Perhutani khususnya di Kabupaten Bogor.
Kemudia pada hari kedua, yaitu pada hari Kamis (08/09). Rombongan menelusuri wilayah Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, tepatnya mengunjungi obyek wisata alam Cipamingkis di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur.

Ditempat ini, rombongan di sambut langsung oleh Asper Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), Iyus Rusliana beserta jajarannya. Ditempat ini rombongan Disbudpar dan Jurnalis mendapatkan penjelasan tentang sistim tatakelola obyek wisata alam Cipamingkis dengan luas area seluas 15 hektar ini.

Kawasan Cipamingkis sendiri memiliki sejumlah obyek wisata, seperti Curug (Air Terjun) Rumah Pohon, Jembatan Cinta dan beberapa fasilitas lainnya yang di kelola pihak perhutani bekerja sama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) wilayah ini.

Yang terakhir, rombongan menuju kawasan Tanjungsari untuk mengunjungi kawasan obyek wisata minat khusus penangkaran Rusa di Kampung Nanggung, Desa Buana Jaya, Kecamatan Tanjungsari.

Dikawasan ini rombongan berinteraksi dengan sejumlah Rusa koleksi Resort Polisi Hutan  (RPH) Cariu yang terdiri dari jenis Rusa Jawa (Timorensis), Bawean (Axis Kuhlil) dan Rusa Totol (Axis Axis). Rombongan disambut oleh Kepala RPH Cariu, Edi Sunandi dan Polisi Hutan (Polhut)/Pengelola ,Ajum serta anggota Polhut lainnya. Walaupun menempuh perjalanan jauh, rasa lelah seluruh rombongan terobati karena dapat berinteraksi dengan Rusa jenis Timorensis yang menurut pengelola Rusa jenis ini yang bisa jinak dan berinteraksi dengan manusia, sementara jenis lainnya Totol dan Bawean lebih agresif.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply