» » » » » » » » » » Awi Imam: Sungai Cidepit Perlu Penanganan Tepat

BOGOR KOTA-BidikNusantara
Dalam rangka menjaga lingkungan yang bersih, aman dan nyaman perlu peran serta semua pihak, bukan hanya rana pemerintah akan tetapi seluruh unsur masyarakat harus dilibatkan agar terhindar dari bencana banjir, longsor atau bencana lainnya akibat salah pengelolaan lingkungan.

Hal ini diungkapkan, Awi Imam seorang yang aktivis yang saat ini konsen terhadap aliran sungai Cidepit yang melintasi 8 RW di Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor, Rabu (01/03).

Menurutnya, kondisi sungai Cidepit yang merupakan aliran irigasi dari Sungai Cisadane untuk keperluan irigasi wilayah Ranca Bungur, Kabupaten Bogor ini kondisinya sudah sangat memptihatinkan. Disamping kurangnya kesadaran masyarakat yang masih ada saja yang membuang sampah di aliran air diperparah oleh pendangkalan sungai akibat penumpukan material tanah yang mengendap didasar sungai.

"Kondisi ini harus cepat di tangani oleh pihak terkait terutama PSDA yang memiliki kewenangan dalam pemeriharaan irigasi, walaupun daerah ini bukan irigasi namun aliran air ini merupakan saluran yang menuju irigasi wilayah Ranca Bungur Kabupaten Bogor,"katanya.

Untuk masalah ini kata Awi Imam, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan pihak PSDA agar dilakukan pengerukan dasar kali agar aliran air tidak dangkal lagi.

"Beruntung, sejauh ini bisa berkoordinasi dengan pihak pintu air agar ketika hujan deras menutup pintu air sehingga tidak terlalu besar dan mengancam keselamatan warga. Jika tidak demikian dengan dasar sungai yang hampir menyamai bibir sungai bisa membahayakan,"tuturnya.

Dia juga menyebutkan bahwa kondisi bantaran kali yang hampir di penuhi bangunan pemukiman bahkan ada yang berada di atas aliran air yang justru sangat membahayakan.

"Saya bersama warga di 10 RW terlebih 9 RW yang berada di bantaran sudah melakuakan berbagai upaya agar sama-sama menjaga aliran air agar tidak membuang sampah di sungai, namun hal ini tidak bisa langsung karena masyarakat perlu dilakukan pendekatan secara terus menerus guna memberikan pemahaman terhadap pentingnya menjaga lingkungan bersih," urainya didampingi ketua RW 06, Kelurahan Kebon Kelapa, Ayi.

Disebutkannya pula, jika sudah dilakukan pengerukan oleh pihak PSDA dirinya bersama ketua RW setempat akan membuat berbagai innovasi juga berbagai metode agar mengembalikan fungsi sungai sebagai mana mestinya.

"Kami akan melakukan berbagai terobosan supaya menumbuhkan rasa peduli masyarakat terhadap sungai dan sama-sama menjaga kebersihan dari sampah,"harapnya.

Sementara Ketua RW 06, Ayi mengatakan bahwa pihaknya sudah memberikan pemahaman kepada warga agar tidak membuang sampah di sungai.

"Saya sudah himbau kepada warga agar tidak membuang sampah di sungai, namun hal ini perlu kesadaran masyarakat yang berada di seluruh bantaran sungai agar ikut peduli terlebih warga yang berada di wilayah hulu sungai yaitu kelurahan Panaragan,"pintanya.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply