Ads




» » » » » » » » » » Tingkatkan Kemampuan Dan Keterampilan, Anggota Damkar Kabupaten Bogor Ikuti Latihan Survival Dasar Sangga Langit Bersama TNI AU

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Sebanyak 5 anggota Satlakar Dinas Pemadam Kebakaran dan Kedaruratan Kabupaten Bogor mengikuti kegiatan latihan Survival Dasar Sangga Langit yang diselenggarakan bersama Lapangan Udara Atang Sendjaja (Lanud ATS) Bogor selama 5 hari yaitu dari Tanggal 20 Febuari hingga 24 Febuari 2017 didaerah Salatri Cianjur, Cibalimbing Sukabumi dan berakhir di Ujung Genteng Kabupaten Sukabumi. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Kedaruratan Kabupaten Bogor, Epi Rupali melalui Sekdisnya, Makmur saat dijumpai di ruang kerjanya, Rabu (22/02).

Menurut Makmur, kegiatan latihan Survival dasar merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan oleh Damkar Kabupaten Bogor seperti pada Tanggal 21 yang lalu dilaksanakan sosialisasi dan simulasi pencegahan dan penanganan pemadaman api bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) yang dilaksanakan di Kantor Damkar Kabupaten Bogor.

"Latihan ini sendiri menggunakan 2 tempat yaitu indor maupu out dor, di lapangan dengan latihan penggunaan Apar (alat pemadam api ringan) pengenalan pemadaman api dengan cara manual seperti menggunakan karung basah dan sebagainya,"kata Makmur.

Selanjutnya pada Tanggl 22 hari ini lanjutnya, ada kegiatan peningkatan kapasitas atau kemampuan anggota damkar dalam penanganan kebakaran. "Kegiatan ini seluruh materi disampaikan semua materi mulai dari PBB, TUM dan pengetahuan yang terkait dengan kedamkaraan termasuk pemgetahuan tentang kelembagaan. Kegiatan ini dilakukan indor dan out dor, kita datangkan pelatih dari Kodim dan dari dankar Depok serta dari internal, kegiaran ini juga dilaksanakan hingga 2 hari,"tuturnya.

Pada Tanggal 26 dan 27 nanti juga akan mengirimkan 14 personil, dibagi 2 regu untuk mengikuti skil kompetition di Cibubur dalam rangka HUT Damkar yang ke 98 yang jatuh pada setiap tanggal 1 maret. "Kegiatan ini juuga akan didukung oleh tim oficial dan suporter dengan total 25 orang,"jelasnya.

Lanjut Makmur menjelaskan bahwa pada puncak acara HUT Damkar 1 Maret secara nasional yang akan di selenggarakan di silang monas sebanyak 1 regu. "Rencana kita juga mengadakan secara internal namun tidak di tanggal 1 karena 1 regu akan di kirim ke silang monas dan hari senin tanggal 6 baru diadakan di internal. Kegiatan ini juga di bagi dengan 2 kegiatan baik out dor maupun indor. Namun belum bisa dipastikan apakah akan diadakan atraksi atau bagaimana karena melihat personil yang sudah terbagi dalam kegiatan yang sebelumnya,"urainya.

Dia mengharapkan, dari seluruh kegiatan yang dilaksanakan mereka (anggota-red) dapat memahami dan menyampaikan kepada khalayak banyak tentang bahayanya api kita sudah membesar. 

"Makaya ada istilah kecil bermanfaat besar berbahaya dan ini perlu di pahami oleh pihak luar. Hal ini juga kita sosialisasikan tentang bahaya api hingga ke tingkat TK supayan memahami jika bermain api sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kebakaran. Pengamanan alat listrik juga kita sampaikan dengan menggunakan yang standar guna menghindari konslet listrik di rumah saat rumah dalam keadaan kosong. 

Dan untuk anggota, dengan adanya latihan rutin yang diberikan dapat terus mengasah keterampilan serta pengetahuan mereka bertambah dan protap yang dijalankan mampu di kuasai karena sering melakukan. Meningkatkan disiplin, kerja sama, pengetahuan dan skil pada anggota. Karena musibah kebakaran tidak setiap hari dan secara sporadis, namun penanganan tidak bisa sporadis karena akan membahayakan diri sendiri apa lagi untuk membantu orang lain."pungkasnya.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply