» » » » » » » » » » » Kejahatan Lingkungan Telah Terjadi Di Tanah Pamijahan

KAB.BOGOR-BidikNusantara
PT. JDG (Jaya Dinamika Geohydro Energy) perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pembangkit listrik ini telah melakukan kejahatan lingkungan di Bumi Tegar Beriman. Hal itu terlihat dari adanya bencana longsor yang terjadi pada tanggal 22 November 2015. Kejadian longsor tersebut bukan disebabkan oleh faktor alam semata, tapi ada human error dan faktor kesengajaan yang di lakukan oleh PT JDG Tersebut. Hal ini di ungkapkan oleh Ali Taufan Vinaya kepada Bidiknusantara.com.

Dari hasil dokumen-dokumen yang ada katanya, jelas bahwa bencana longsor tersebut terjadi karena pemotongan bukit yang di lakukan oleh manusia.

"Dari pemotongan bukit tersebut menimbulkan terjadi longsor yang merugikan para Petani Ikan. Puluhan ton Ikan Mas mati, tapi sampai saat ini, Pihak PT JDG tidak ada niat baik untuk melakukan ganti rugi terhadap para petani ikan yang ada di Pamijahan,"ucapnya..

Sementara itu lanjutnya, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor juga seakan akan lepas tangan. "Saya menilai Bupati tidak berani dan Tegas dalam menyelesaikan hal tersebut. Padahal, dari hasil rapat tim 9 yang di tunjuk oleh pemerintah yang terdiri dari 9 Instansi, pada hari kamis Tanggal 26 Januari 2017 melakukan rapat bersama dengan perwakilan dari para petani ikan, dalam rapat tersebut di hasilkan beberapa point Rekomendasi, diantara nya adalah menutup PT JDG terhitung 21 hari dan memberikan ganti rugi kepada para petani Ikan terhitung 30 hari. Tapi sampai saat ini, hal itu belum juga di realisasikan,"tegas salah satu aktivis dari Pamijahan ini.

Dia juga menyebutkan, pada tanggal 6 Januari 2016,  pihak DPRD juga telah mengeluarkan surat rekomendasi dimana, salah satu point rekomendasinya adalah melakukan penegakan hukum apabila ada unsur perbuatan melawan hukum. "Tapi sampai saat ini, hal itu pun belum juga di lakukan oleh aparat dan penegak hukum yang ada di Kabupaten Bogor,"tukasnya. 

"Kita berencana akan melakukan aksi lagi dalam waktu dekat ini, kita akan aksi ke Jakarta, kita akan sampaikan kepada pemerintah pusat tentang kondisi dan keadaan yang sebenar nya terjadi di Kabupaten Bogor. Dan rencananya, selama tuntutan dari para petani ikan tidak di penuhi, kita akan menginap di Jakarta.
Kita sedang melakukan konsolidasi baik dengan para petani ikan, maupun kawan kawan jaringan yang ada di Jakarta,"pungkas mantan aktivis 98 ini.
Reporter: Sumburi

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply