» » » » » » » » » Kecamatan Parung Gandeng BPBD Kabupaten Bogor Sosialisasi Tanggap Bencana

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Sebagai bentuk pencegahan dan kesiapsiagaan sedari awal terhadap bencana alam maka Pemerintah Kecamatan Parung menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor menggelar sosialisasi secara intensif terkait penyebarluasan informasi potensi bencana alam.

" Walau Parung bukan wilayah zona longsor namun sosialisasi ini perlu karena bencana alam bukan hanya longsor tapi ada gempa bumi walaupun kita semua tidak mengharapkannya maka giat sosialisasi ini agar masyarakat tidak melakukan penambangan dipinggiran jalan, Daerah Aliran Sungai (DAS) ataupun membuang sampah sembarangan di saluran air ataupun sungai karena meski tak terasa, namun membuang sampah sekecil apapun sembarangan maka lama kelamaan dapat menumpuk dan mengakibatkan banjir. Selain itu, aktifitas penambangan di DAS yang tentunya juga dapat menimbulkan dampak negatif," ujar Daswara Sulanjana Camat Parung kepada Bidiknusantara.com, Selasa (28/02).

Sementara KM TB Sumardi Kabaid Daruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor menjelaskan jenis bencana, ada banyak jenis bencana mulai dari bencana alam, non alam akibat ulah manusia, teknologi, hingga bencana sosial seperti kerusuhan dan lainnya yang bisa mengancam kehidupan masyarakat.

"Semuanya bisa menyebabkan kerusakan harta benda hingga korban jiwa seperti sekarang situasi cuaca yang tak menentu saat ini bisa setiap saat berpotensi bencana terutama banjir tatkala diguyur hujan deras," terang Sumardi.

Sumardi melanjutkan terkait penanggulangan bencana tugas bersama bukan tugas perorangan atau dinas tertentu.

"Menanggulangi bencana adalah tanggungjawab kita bersama maka perlu adanya, sosialisasi secara intensif terkait penyebarluasan informasi potensi bencana alam sebagai bentuk pencegahan dan kesiapsiagaan setiap stake holders dan individu masyarakat sedari awal," tandasnya.
Reporter: ISP

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply