» » » » » » » » Pemkot Bogor Bekerja Sama Dengan JPP Prefectur Hiroshima Untuk Pengolahan Sampah

BOGOR KOTA-BidikNusantara
Pemerintah Kota Bogor bersama JICA Partnership Program / JPP Prefectur Hiroshima sedang bekerjasama di dalam area model support program untuk mewujudkan kampung khususnya di RW 09 dan RW 10 kelurahan Ranggamekar dengan melaksanakan sinergisitas dan kolaborasi program antara Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), kelurahan dan LPM, PKK, Paguyuban TPS 3 R dan bank sampah, KSM bank sampah dan TPS 3 R serta rw 09 dan rw 10, khususnya dalam edukasi pemilahan sampah sesuai jenisnya di sumber dengan memanfaatkan bank sampah dan TPS 3 R sebagai sarana pengelolaan sampah mandiri berbasis masyarakat guna mengurangi timbulan sampah sebagai fungsi utama didukung fungsi ekologis/estetika, ekonomi dan edukasi pada tahun 2016 dan pada tahun 2017 akan ditentukan kembali area model tahap 2 di kelurahan yang telah terbangun TPS 3 R dengan penanggung jawab programnya Bidang Persampahan pada Dinas Lingkungan Kota Bogor.

Menurut, Dian Herdiawan, para peserta mulai mengidentifikasi masalah dan mencari solusi pemecahan masalah yang tentunya akan disesuaikan dengan kearifan lokal Kota Bogor dengan belajar kepada pengalaman Kota Hiroshima, implementasi pengelolaan sampah di Kota Bogor dan implementasi pengelolaan sampah  berbasis masyarakat melalui TPS 3 R dan Bank Sampah.

"Hasil akhir nantinya berupa action plan menuju kampung hijau RW 09 dan RW10 kelurahan ranggamekar serta TPS 3 Rdan Bank Sampah  menjadi sentra estetika/ekologis, edukasi dan ekonomi kampung hijau,"katanya.

Dikatakannya, para peserta trainee pengelolaan sampah gelombang 1 di Hiroshima dibagi menjadi 2 tim yaitu tim RW 09 dan RW 10 yang akan menggali dan mengidenfikasi permasalahan sampah di masing-masing RW, selanjutnya dibuatkan solusi penyelesaian masalahnya dan rencana tindaklanjutnya yang dituangkan dalam action plan.

"Action plan akan dilaksanakan minggu ke 2 setelah kembali ke bogor dan permasalahan-permasalahan yang masih timbul baik di masyarakat, Bank Sampah dan TP S 3 R akan dibawa atau diselesaikan oleh tim trainee gelombang ke-2 pada bulan november 2016. DKP berfungsi sebagai motivator, fasilitator dan melakukan monev agar program ini berkelanjutan dan dapat direplikasikan keseluruh RW yang ada di Kota Bogor,"katanya.

Presentasi  action plan, ungkap Dian Herdiawan adalah pengurangan sampah di sumber oleh perwakilan / kelompok tim RW 09 dan RW 10 kelurahan Ranggamekar, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor dengan dimana masyarakat harus memilah sampah dari sumber dan memanfaatkan TPS 3 R dan bank sampah Kota Bogor sebagai sarana pengurangan sampah di sumbernya.

1. Lingkungan RW 09 adalah perumahan tidak teratur dan tidak terlayani angkutan sampah oleh DKP sehingga pada tahun 2015 telah dibangun TPS 3 R untuk melayani pengelolaan sampahnya, dengan materi pengelolaan sampah berupa kegiatan :

a. Membuat larangan jangan  membuang sembarang.

b. Sosialisasi pemilahan sampah dan memberikan pemahaman tentang dampak sampah yang tidak dikelola dan manfaat dari sampah yang dikelola.

c. Penentuan lokasi pengambilan sampah / stasiun sampah / gomi suteshon untuk selanjutnya diangkut oleh petugas KSM TPS 3 R (tidak dipilah sampah tidak diangkut).

2. Lingkungan RW 10 adalah  perumahan teratur dan sudah dilayani oleh angkutan sampah dan saat ini di lingkungan RW 10 telah terbangun taman interaksi warga seluas 9.318 m2 dengan sarana pengurangan sampah berupa bank sampah, rumah kreatif 3 r, green house organik Kelompok Wanita Tani (KWT) dan TPS 3 R (untuk melayani masyarakat RW 09), dengan materi pengurangan sampah dari sumber berupa kegiatan :

a. Membuat lubang biopori untuk penanganan sampah dapur / rumah tangga (minimal 1 lubang resapan biopori / kk).
b. Sampah an organik bernilai ekonomis ditabung ke bank sampah ranggamekar.


c. Residu, B3 dan sampah tidak bernilai ekonomis dibuang ke tps untuk tetap diangkut oleh petugas DKP Kota Bogor.
Reporter: Sumburi












About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply