» » » » » » » Empat Pejabat Teras Lanud Adisutjipto Di Serah Terimakan

YOGYAKARTA-BidikNusantara
Sebagai pusat pendidikan penerbang, Lanud Adisutjipto menghadapi tantangan yang tidak ringan, sebagai akibat pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Namun demikian Lanud Adisutjipto telah terbukti memberikan andil besar dalam menyiapkan perwira penerbang handal, hingga TNI AU tetap tegak seperti sekarang ini.

Mencetak penerbang TNI AU dan TNI merupakan tugas yang tidak bisa ditawar-tawar, bahkan  seluruh penerbang militer lahir di Lanud Adisutjipto, sehingga ini menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh personil Lanud Adisutjipto  dari Komandan sampai prajurit dan PNS. Selain itu "Sukses yang diraih Lanud Adisutjipto dalam menyiapkan calon-calon penerbang handal, tidak lepas dari keberadaan Komandan  Skadik " Demikian beberapa poin yang disampaikan oleh Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Ir Novyan Samyoga, MM pada Upacara Sertijab Komandan Skadik 101, Skadik 102, dan 104 Lanud Adisutjipto di Lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto, Senin (09/01).

Jabatan Komandan Skadik 101 diserahterimakan dari Letkol Pnb. Sukarno kepada pengantinya Letkol Pnb. HS. Romas.  Pejabat lama selanjutnya ke Pabandya Siapsat Paban III/ Latsopsau Jakarta, Pejabat baru sebelumnya menjabat Kabingadiksis Wingdikterbang Lanud Adisutjipto.

Jabatan Komandan Skadik 102 diserahterimakan dari Letkol Pnb Sri Raharjo kepada Letkol Pnb HM. Kisha. Pejabat lama selanjutnya menjadi Kasi Binkar Subdisbinprof Pnb/Nav disopslatau Jakarta, dan pejabat baru sebelumnya Kabinlatdik Wingdikterbang Lanud Adisutjipto.

Sementara Jabatan Skadik 104 diserahterimakan dari Letkol Pnb. Safeano Cahyo Wibowo, ST. Kepada Mayor Pnb.Didik Setiya Nugroho.  Pejabat lama selanjutnya menjabat sebagai Komandan Lanud  Wiriadinata Tasikmalaya, dan pejabat baru sebelumnya menjabat Kastandevaldik Wingdik terbang Lanud Adisutjipto.

Skadron Pendidikan yang menangani pendidikan Sekbang militer ini memiliki andil besar dalam mendidik dan mencetak awak pesawat TNI AU, khususnya profesi penerbang dan Instruktur Penerbang. Skadik 101 adalah Skadon pendidikan yang menangani Sekolah penerbang dan mendidik para siswa untuk Latih terbang Mula. Di Skadik ini para siswa penerbang dimulai dan dikenalkan dengan pesawat dan terbang yang sesungguhnya, setelah dibekali dengan banyak teori di Skadik 104.  Para siswa terbang mula di Skadik ini menggunakan Pesawat Grob  G 120 TP-A.

Skadik 102 adalah Skadron Pendidikan yang menangani Sekolah Penerbang dan memdidik para siswa untuk Latihan terbang Latih Lanjut.  Para siswa latihan terbang latih lanjut dengan menggunakan pesawat KT-1 Woong Bee.  Selain merupakan penyelenggara tahap bina terbang latih lanjut di Skadron ini juga sangat ditanamkan mentalitas airmanship bagi siswa Sekolah Penerbang.

Skadik 104 merupakan salah satu Skadron Pendidikan yang berada di bawah Wing Pendidikan Terbang, yang mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan bina kelas atau Ground School. Bina Kelas merupakan pendidikan dasar dalam menunjang kegiatan pendidikan BinaTerbang. Untuk menunjang proses belajar mengajar,  di Skadik 104 dilengkapi Computer Based Training, Flight Training Device (FTD)  Pesawat Grob  G 120 TP-A,  Flight Training Device (FTD) KT 1 Woongbee,  dan Air Traffic Control trainner.

Usai upacara sertijab para Komandan Skadron Pendidikan, Di Mako Lanud Adisutjipto juga dilaksanakan upacara sertijab Kepala Dinas  Logistik Lanud Adisutjipto. Kepala Dinas Logistik sebelumnya Kolonel Tek Jeffry D Ritiau digantikan oleh Letkol Tek Dwi Mulyo Subekti,Pejabat Lama selanjutnya akan mengemban tugas baru sebagai Kasubdispeslatu Disaeroau Jakarta. Sementara pejabat baru sebelumnya bertugas di Kasipa/PNS Subdisbinprof Tek Disaeroau Jakarta.

Komandan Lanud dalam sambutannya mengatakan pergantian pejabat di lingkungan TNI AU merupakan peristiwa biasa yang dapat dijadikan indikator bergulirnya suatu proses pembinaan personel dalam rangka meningkatkan aktualitas peran organisasi. Meskipun merupakan hal yang biasa, lanjut Danlanud, pergantian pejabat ini mengandung aspek penyegaran, harapan, dan kaderisasi.
Reporter: Kumara

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply