» » » » » » » » » Pendopo Bupati Bogor Pertama Tahun 1947 Bisa Anda Temukan Di Desa Malasari Kabupaten Bogor

www.bidiknusantara.com
Pendopo Bupati Bogor Di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor
Mungkin sebagian masyarakat Kabupaten Bogor saat ini banyak yang tidak mengetahui keberadaan Pendopo Bupati Bogor yang di pimpin oleh Ipik Gandamanah pada tahun 1947 silam. Letak pendopo bupatin Bogor pertama ini bukan berada di Kota Kabupaten Bogor saat ini yaitu wilayah Cibinong dan sekitarnya melainkan berada jauh di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

www.bidiknusantara.com
Ipik Gandamanah
Bupati Bogor Pertama
Tahun 1947
Desa Malasari sendiri berada ditengah gugusan pegunungan Halimun yang berada jauh dari Kota Kabupaten Bogor saat ini, tempat ini patut menjadi referensi bagi generasi muda Kabupaten Bogor kenapa dan bagaimana pendopo bupati Bogor bisa berada di wilayah ini, bukan berada di wilayah Kota Kabuapten seperti sekarang ini.

Pada Tanggal 16 Oktober 2015 lalu, ketika Desa Malasari mengadakan kegiatan Serentaun. Bupati Purwakarta, H.Dedy Mulyadi  pernah berkunjung dan dijamu oleh sesepuh Desa malasari di Pendopo Bupati ini yang menurutnya Bupati Bogor pertama yang pernah memerintah Kabupaten Bogor pada tahun 1947 silam merupakan putra daerah Purwakarta Ipik Gandamanah.

Saat ini, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang kemas oleh Tim Wisata Halimun dan menjadi paket menarik jika wisatawan berkunjung ke wilayah ini. Para tokoh dan sesepuh adat Desa Malasari dapat anda jumpai untuk menguak sejarah dibalik keberadaan Pendopo Bupati Bogor ini.
Perabotan Makanan Yang di gunakan Bupati Bogor Tempo Dulu

Berikut catatan kecil dari tim Wisata Halimun sebagai referensi awal sebelum berkunjung  ke Wisata Halimun dari tim Wisata halimun untuk anda.

Wisata sejarah di roemah boepati Bogor pertama jang digoenakan oentoek melakoekan semoea aktivitas pemerintahan kaboepaten Bogor di tahoen 1947. Pada saat itoe Ipik Gandamanah menerima toegas dari pemerintah Repoeblik Indonesia goena menjoesoen pemerintahan kaboepaten Bogor jang terpoesat di wilajah Djasinga. Setelah Ipik Gandamanah ditetapkan sebagai boepati Bogor pertama, di desa Malasari inilah aktivitas pemerintahan dilaksanakan tjoekoep lama.

Roemah boepati sangat terawat apik, di dalamnja tersimpan berbagai foernitoer dan dokoementasi Ipit Gandamanah. di halaman depannja terdapat satoe oenit kendaraan lapis badja sebagai moenoement perdjoeangan masjarakat Malasari pada zaman revoloesi kemerdakaan.

Bupati Purwakarta, H Dedy Mulyadi Saat Dijamu Oleh Tokoh Masyarakat Desa Malasari
Di Pendopo Bupati Bogor Tempo Dulu Usai Memberikan hiburan dalam acara Serentahun (16/10/2015) 
Setelah di renovasi pada tahoen 2013, desain arsitektoer roemah sedjarah jang meroepakan gambaran asli roemah masjarakat Malasari tempo doeloe tidak mengalami peroebahan, disekeliling roemah sedjarah terdapat pula beberapa roemah dengan gaja arsitektoer jang sama dan meroepakan ketoeroenan boepati Ipit Gandamanah.

Kemegahan pendopo boepati di djalan tegar beriman pada saat ini berawal dari kesederhanaan seboeah bangoenan ketjil jang di tinggali oleh Ipik Gandamanah pada tempo doeloe di Malasari. Enjoy  the Heart of Java.
Liputan: Red BN dan Tim Wisata Halimun

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply