» » » » » » » Ditemukan Curug Kaung, Memperkaya Destinasi Wisata Halimun

Curug Kaung Wisata Halimun
Gugusan Gunung Halimun telah banyak menyimpan cerita rakyat yang berbau mistis yang menjadi daya tarik tempat wisata. Salah satunya ada di Gunung Manapa. Meski tidak begitu tenar dikalangan luas. Gunung yang dapat di tempuh melalui Desa Kiarasari, Kecamatan Nanggung ini dikenal oleh penduduk setempat yang konon sempat dipakai untuk tempat bertapa orang terdahulu.

Dibalik kesan angker hutan Halimun. Deretan gunung yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini menyimpan berjuta keindahan wisata alam. Curug Kaung, satu diantara berjuta keunikan bentang alam yang disuguhkan jantung Halimun untuk wisatawan dalm paket wisata Halimun adventure journey. Berada di kaki Gunung Manapa, aliran Sungai Cidurian ini tercurah setinggi 25 meter lebih dan membentuk kubangan berdiameter 13 meter. Memberi kesan gagah, curug ini dikelilingin batu –batuan berukuran sangat besar. Batu pambeasan, Batu gudang, Batu parigi, Batu Kawin dan Batu Kandang. Tidak sekadar disematkan nama, batu-batuan besar yang tertanam ini memiliki cerita tersendiri. Unik bukan? Saat kita berpetualang bisa sambil belajar sejarah budaya dan sosial penduduk setempat.

Hanya butuh 1 jam perjalanan kaki dari tempat parkir wisata untuk dapat menyaksikan Curug Kaung yang berada di kaki Gunung Manapa ini. Trek keberangkatan dan pulang bisa menggunakan jalur yang berbeda. Mulai dari menapaki kaki di atas galengan (red: Pembatas antar kotak sawah yang bisa digunakan untuk jalan setapak). Panorama persawahan terasering yang cantik dibumbui batu-batuan lama yang tersebar ini menyajikan pemandangan yang indah diawal perjalanan. Tidak hanya itu, gugusan Gunung Halimun sebagai jantung pulau Jawa terlihat menyejukkan pandangan mata. Bila senja tiba, wisatawan bisa menyaksikan langit dibelahan barat memerah. Coba bayangkan, menyaksikan matahari terbenam di saung yang berdiri di tengah pematang sawah terasering, menakjubkan.

Setelah melewati areal pesawahan warga, wisatawan masuk ke dalam hutan Akasia. Tidak jauh dari hutan Akasia, terdapat Batu Pangbeasan dan Batu Gudang. Menurut penduduk, Batu Gudang ini memiliki lubang, yang dimana angin berhembus kencang di dalam lubang Batu Gudang. Trek yang dilalui sehabis meniti hutan Akasia ini terbilang cukup sulit. Perlu kehati-hatian dalam memijakan kaki. Batu dan tanah yang licin ini dipengaruhi kondisi hutan yang lembab, inilah Halimun. Wisatawan akan merasakan sensasi berbeda saat menyusur trek yang terbentuk secara alami oleh batu-batuan yang tertanam ini.

Gemuruh yang gagah mulai terdengar. Wisatawan akan berada di atas batu besar, disinilah Curug Kaung dapat ditonton secara jelas. Di dalam air terjun ini terdapat goa, konon katanya banyak sarang burung pinis di dalam goa yang hanya memiliki jalan masuk dan keluar satu titik . Untuk menggapai goa ini wisatawan harus berenang dengan pengaman carmantle di kubangan air terjun yang dalam lagi deras. Menarik, memicu adrenalin wisatawan yang memiliki jiwa penasaran yang besar. Namun bagi wisatawan yang ingin menghabiskan waktunya untuk bermain asik bersama air, bisa menyusur sungai menuju hulu. Tidak jauh dari Curug Kaung, ada leuwi atau kolam di sungai yang tidak berarus deras. Di bibir sungai, ada pelaratan bebatuan yang bisa digunakan untuk menikmati waktu santai.

Telah puas menyaksikan salah satu atraksi alam di kaki Gunung Manapa. Wisatawan bisa bermalam di areal dekat Batu Kandang, areal ini dapat menampung 10 tenda berkapasitas 10 orang. Landscape Gunung Manapa yang gagah, aliran sungai Cidurian yang datar dan terlihat tenang ini menjadi suguhan alam gugusan hutan Halimun. Untuk menggapai areal ini wisatawan harus menyusur Sungai Cidurian menuju hulu melewati beberapa rintangan. Cambuk berduri dari Rotan Badak ini kerap menghalangi langkah wisatawan di atas batu-batuan besar. Beberapa pohon tua,seperti pohon Saninten juga turun menjadi portal magis sepanjang perjalanan,sungguh mengasyikan.

Gunung Manapa, menyimpan banyak rahasia Halimun. Kegagahan Curug Kaung yang memiliki Gua di dalamnya adalah satu dari kesekian banyak atraksi wisata alam hutan hujan terluas di Jawa. Kini saatnya, team expedisi Wisata Halimun menyingkap keindahan alam di belakang tirai magis yang menjaganya guna menyempurnakan paket wisata halimun. the Heart of Java.

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply