Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » » » » Desa Sirnagalih Gunakan Dana Desa Untuk Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur

KAB.BOGOR-BidikNusantara
Dana Desa yang bersumber dari APBN pada termin pertama sekitar Rp.400 jutaan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Sirnagalih, Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor digunakan untuk membangun insfrastruktur jalan desa, jalan lingkungan dan posyandu di 8 titik yang tersebar di wilayah dengan total yang diterima pada tahun ini sebesar Rp. 620 juta. Demikian penjelasan yang dikemukakan oleh Kepala Desa (Kades) Sirnagalih, A Suparta, saat ditemui BidikNusantara, Rabu (10/08).

Pembangunan yang dilakukan di 8 titik itu kata Kades, yaitu pembangunan jalan lingkungan di RW 02 dengan volume 1x300, pembangunan turap di RW 04 dengan volume 20x0,5 meter persegi, pembangunan posyandu di RW 08 dengan luas 5x5 meter persegi dan pembangunan jalan lingkungan di RW 06. 

"Itu semua yang dibangun pada termin pertama, sementara masih banyak yang belum terserap karena menunggu termin kedua,"katanya.

Sementara untuk tahun 2017 nanti, Suparta mengatakan akan melakukan optimalisasi terhadap seluruh jalan yang sudah dibangun menggunakan hotmix. "Saya sudah melakukan rapat koordinasi dengan warga agar jalan yang sudah dibetonisasi dilakukan optimalisasi kembali menggunakan hotmix, hal ini bertujuan agar jalan tersebut lebih kuat dan tahan lama,"ungkapnya.

Dikatakannya, jika mengikuti keinginan masyarakat banyak beberapa RW yang ingin didahulukan pembangunannya sementara anggaran yang diterima dilakukan pembangunan sesuai dengan RPJMDes yang sudah diajukan. "Kalau masyarakat kebanyakan tidak mengerti, mereka hanya mengetahui anggaran dari pemerintah untuk pembangunan maka banyak yang mengajukan ingin didahulukan padahal sudah ada dalam rancangan sebelumnya. Dalam hal ini saya akan melakukan musyarawarah dengan masyarakat, selama disetujui oleh semua pihak akan dilakukan pembangunan karena pada dasarnya semua wilayah akan mendapatkan,"terangnya.

Sementara untyuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun ini Desa Sirnagalih mendapatkan sebanyak 25 unit dan yang sudah dibangun sebanyak 10 untuk dan 15 unit lagi masih dalam tahap pengajuan. "Untuk kebutuhan RTLH sesuai dengan database yang ada desa Sirnagalih membutuhkan sebanyak 183 unit, baru terealisasi sebanyak 35 unit. Kita terlambat karena pada tahun 2015 kemarin tidak mendapatkan bantuan padahal sudah dilakukan pengajuan dan diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) tetapi tidak ada realisasi. Saya akan terus melakukan berbagai upaya supaya kebutuhan RTLH di desa Sirnagalih cepat diselesaikan,"pungkasnya.
Reporter: Sumburi 

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply