-->

Sarang Laba-Laba Dan Manfaatnya

Bidik Nusantara
Saturday, 25 October 2014, 00:19 WIB Last Updated 2014-10-24T17:19:00Z
www.bidiknusantara.com
BOGOR – Bidik Nusantara
Laba-laba , atau disebut juga labah-labahadalah sejenis hewan berbuku-buku ( harttropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki , tak bersayap dan tak memiliki mulut pengunyah. Semua jenis laba- laba digolongkan ke dalam ordo Araneae dan bersama dengan Kalajengking semuanya berkaki delapan, dimasukkan ke dalam kelas Arachnida . Bidang studi mengenai laba-laba disebut arachnologi.

Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora), bahkan kadang- kadang kanibal dan mangsa utamanya adalah serangga, hampir semua jenis laba-laba, dengan perkecualian sekitar 150 spesies dari suku Uluboridae, Holarchaeidae, Subordo dan Mesothelae mampu menginjeksikan bisa melalui sepasang taringnya kepada musuh atau mangsanya.

Meski demikian, dari puluhan ribu spesies yang ada, hanya skitar 200 spesies yang gigitanya dapat membahayakan manusia. Tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, akan tetapi semuanya mampu menghasilkan benang sutra helaian serat protein yang tipis namun kuat dari kelenjar (spinneret) yang terletak dibagian belakang tubuhnya. Serat sutra ini amat berguna untuk membantu pergerakan laba-laba berayun, Dari satu tempat ketempat lainnya, menjerat mangsa, membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain.

Jaring laba-laba juga bisa digunakan sebagai obat pertolongan pertama bagi luka kecil seperti luka robek ringan. jaring laba-laba bisa menghentikan pendarahan yang diakibatkan oleh robekan dikulit bagian luar, karena mengandung serat perekat yang bisa menutup luka kecil agar tidak terus menerus mengeluarkan darah.

Mengobati luka dengan menggunakan plester atau betadine memang jauh lebih baik dibandingkan dengan jaring laba-laba, tetapi perlu diingat bahwa kita tidak selalu membawa obat tersebut kemana saja kita pergi, nah dengan adanya jaring laba-laba ini kita bisa melakukan pertolongan pertama pada luka ringan pada robekan dikulit bagian luar, yaitu dengan cara mengoleskan/menempelkan jaring  laba-laba pada bagian luka ringan yang kita alami, setelah proses tersebut maka pendarahanpun akan berhenti dan selanjutnya kita bisa pulang kerumah kemudian mengobati luka tersebut dengan cara yang lebih baik.
Cukup mudah dan sederhana kan..?!! Mudah-mudahan tips ini bisa bermanfa'at. (Juan Setiadie)


Komentar

Tampilkan

Terkini