-->

Kepala Sapi jadi Hadiah Perlombaan Peringatan Idul Adha

Bidik Nusantara
Sunday, 5 October 2014, 22:38 WIB Last Updated 2014-10-05T15:38:57Z

www.bidiknusantara.com
SUKABUMI KOTA - Bidik Nusantara


Meriahkan Peringatan Idul Adha 1435 Hijriyah,  Pondok Pesantren Al-Mahfudziyyah Babakan Mageung Kota Sukabumi menggelar Berbagai Lomba tradional dengan Hadiah Kepala Sapi hewan Kurban. Minggu (5/10).



H. Gundar Kolyubi salah seorang pengurus Pondok Pesantren Al-Mahfudziyyah Babakan Mageung mengatakan bagi lingkungan di sekitar tempat tinggalnya di daerah Gang Ampera RW 04 Kelurahan Cisarua Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Hari Raya Idul Adha tidak hanya identik dengan penyembilahan hewan kurban, tapi juga perlombaan tradisional. 



Lomba yang dipertandingkan itu diantaranya, menendang bola dengan sasaran bola yang digantung dan Lomba Dorong Bambu serta lomba-lomba lainnya. "Hadiahnya bukan piala atau uang, tapi kepala sapi kurban. Pesertanya juga tidak pandang batas usia, anak usia lima tahun hingga manula boleh ikut unjuk kebolehan," katanya Gundar saat di temui di selaisela kegiatan.

Katanya, lomba tradisional itu telah menjadi budaya di lingkungan tersebut setiap tahun pada saat penyembelihan  kurban. Bahkan, kegiatannya telah berlangsung sejak puluhan tahun.“Lomba ini setiap tahun, jadi sudah jadi budaya masyarakat Kampung Babakan Mageung,”ujarnya

Gundar  mengungkapkan, lomba tersebut pada awalnya hanya untuk mengalihkan perhatian warga agar tidak menumpuk di sekitar penyiangan hewan kurban. Sambil menunggu hingga pembagian kurban, panitia berinisiatif untuk membuat  acara  proses penyiangan tidak terganggu. “Nah, dibuat lomba agar siapa yang menang mendapat satu kepala sapi kurban,”katanya.

Selain sekedar  perlombaan, lomba tersebut kata dia juga sebagai ajang silaturrahmi dan memperkuat persahabatan antar warga. Kesibukan sehari-hari yang cukup tinggi membuat sebagain warga kurang bersosialisasi dengan  warga lainnya. “Ya itung-itung ajang silaturrahmi,”ujar anggota DPRD Kota Sukabumi asal Partai Golkar tersebut.

Sedangkan jumlah hewan yang dikurbankan tahun ini di lingkungan Ponspes yang berlokasi di Gang Ampera Jalan RA.Kosasih tersebut sebanyak  16 ekor sapi dan 4 ekor domba. Jumlah kurban sama dengan tahun lalu. Sedangkan jumlah pengurban sebanyak 114 orang. “Tahun 2014 merupakan yang ke 42 tahun lalu melakukan penyembelihan kurban,”jelasnya. (Nendy)
Komentar

Tampilkan

Terkini