» » » » » » Kaur Desa Perwakilan Kecamatan Leuwiliang Sambut Baik Orientasi Dari BPMPD

www.bidiknusantara.com
KAB.BOGOR – Bidik Nusantara
Tiga orang perwakilan Kepala Urusan Pemerintahan (Kaur Pem) Desa dari lima Desa se-Kecamatan Leuwiliang yang di temui Bidik Nusantara yaitu Desa Leuwimekar, Desa Pabangbong dan Desa Leuwiliang saat mengikuti pelatihan orientasi Management Pemerintah Desa yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Bogor menyambut baik pelatihan yang diselenggarakan di Hotel Sitamian, Desa Cibeureum, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kamis (21/10).

Seperti diungkapkan Kaur Desa Leuwimekar, Kecamatan Leuwiliang, Atmanurdin bahwa dengan adanya pelatihan dan bimbingan seperti ini dirinya dapat memahami sistim pemerintahan yang baik serta penerapan ilmu pemerintahan sehingga dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat desa dapat lebih teratur begitupun tata cara pelaporan dan sebagainya ketingkat yang lebih atas. “Walaupun pelatihan seperti ini tidak jauh dari apa yang kita laksanakan di desa, tetapi dengan penambahan wawasan dapat lebih meningkatkan dalam melayani masyarakat terutama penyelesaian jika adanya permasalahan di desa,” katanya.

Kegiatan yang dipimpin oleh Kasubag Aparatur Pemerintahan Desa, BPMPD Kabupaten Bogor, Evi Nurlatifah ini menurut Kaur Desa Pabangbong, Kecamatan Leuwiliang, Isep yang baru kali pertama mengikuti pelatihan seperti ini, tetapi katanya sangat bermanfaat apa lagi diterapkan pemahaman masalah pertanahan yang memang sering menjadi polemic ditingkat desa, “Minimal saya akhirnya mengetahui tata cara pelayanan serta adminstrasinya walaupun perlu waktu untuk memahami secara lebih dalam,” tuturnya yang amini oleh Teguh, Kaur Desa Leuwiliang.

Sementara itu Aparatur Pemerintahan Desa, BPMPD Kabupaten Bogor, Evi Nurlatifah dalam kesempatan yang sama menjelaskan, kegiatan seperti ini sangat diperlukan oleh para Kaur Desa karena bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan serta pemahaman mereka terhadap ilmu pemerintahan sehingga mereka dapat mejalanakan tugas dengan baik di tingkat desa. “Keberadaan Pemerintah desa merupakan yang paling utama dalam menilai pertumbuhan pambangunan serta pengembangan wilayah, jika pelyanan pemerintah desa baik akan berimbas pada kesejateraan masyarakat setempat karena ini juga merupakan cermin dari kemajuan daerah jika pelayanan tingkat desa lebih baik,” paparnya.

Namun Evie juga menuturkan bahwa dirinya sangat berharap bahwa ketika ada kegiatan seperti ini dapat di manfaatkan oleh para Kaur Desa sehingga ilmu yang diberikan oleh para narasumber yang sengaja dihadirkan dapat diserap dengan baik, hal ini juga demi meningkatkan pengetahuan mereka dan dapat diterapkan di desa. “Para Kaur inikan masyarakat biasa yang berbaju coklat yang didorong oleh pemerintah untuk diberikan pendidikan karena keikutsertaannya dalam melayani masyarakat di tingkat Desa sehingga mereka memiliki ilmu yang cukup,” ungkapnya.


Dia menambahkan, pada setiap kegiatan seperti ini selalu menggunakan metode-metode tertentu untuk menarik perhatian peserta sehingga pada saat mendengar paparan dari narasumber tidak jenuh. “ Keberhasilan dari sebuah kegiatan bukan karna banyak yang datang melainkan mereka mampu mengaplikasikan atau menerapkan ilmu yang diberikan ketika mereka kembali melayani masyarakat di tingkat desa nanti,” harapnya. (Sum) 

About bidiknusantara com

Terima kasih telah mengunjungi Bidik Nusantara, Untuk informasi publikasi, liputan dan iklan hubungi redaksibidiknusantara@gmail.com atau 081317043003
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar :

Leave a Reply