Update

Bidik Chanel

Peristiwa

Pendidikan

Pariwisata

Sejarah

Infotainment

Galery

» » » » » Daun Singkong Bisa Menghidupkan Warga Sukaraja

kab bogor
Kab. Bogor Bidik Nusantara Desa Cikeas Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat dikenal sebagai sentra penghasil daun singkong. Budidaya daung singkong yang membuming ditengah masyarakat ini mampu meningkatkan ekonomi keluarga serta kesejahteraan bagi warga sekitar.
   
“Awalnya budidaya daun singkong hanya dikembangkan di Kampung Cikeas RW.02, sekarang sudah meluas ke beberapa wilayah kampung lainnya. Saat ini warga di beberapa kampung di desa ini secara rutin memasok daun singkong ke beberapa pasar tradisional, seperti Pasar Bogor dan Pasar Babakan Madang,” kata Kepala Desa Cikeas Ervan Sulaeman, kepada BN dikediamanya.

Usaha daun singkong ini, diakui Ervan mampu meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru di pedesaan. “Di desa kami khususnya di Kampung Cikeas, Bojong,  Kemang, dan parung aleng. dimana masyarakatnya banyak yang mebudidayakan tanaman singkong tetapi yang terutama yang diambil hanya daunnya. Dari sektor usaha ini mampu mendongkrak ekonomi warga,” ungkapnya.

Kini petani singkong di desanya banyak yang beralih kepada pengembangan budidaya daunnya dari pada umbinya. “Masyarakat disini lebih melihat nilai ekonomisnya. Karena jika menanam singkong untuk dihasilkan umbinya butuh waktu cukup lama sekitar 8 bulan sampai satu tahun. Tidak seperti budidaya daunnya, masa panen lebih singkat bahkan setelah daun singkong dipanen beberapa bulan kemudian bisa di panen lagi,” jelas Ervan.

Lebih lanjut ia mengatakan untuk meningkatkan sumber daya manusia (petani) dalam mengelola usaha tani secara intensif demi tercapainya produktifitas dan pendapatan ekonomi, pihak desa telah dibantu dengan kehadiran Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Menurutnya, pelayanan penyuluh ini sangat dibutuhkan ditengah masyarakat tani di desanya. “Alhamdulilah, PPL yang di tugaskan membina petani di desa kami sangat proaktif, ia sering memberikan penyuluhan kepada masyarakat tani, seperti pada minggu lalu mengadakan program Sekolah Lapang Peningkatan Produksi Tani (SLPPT). Bahkan baru-baru ini kelompok tani di desa ini juga mendapat bantuan handtraktor,” papar kades (EM)

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply